RSS

Fungsi Sistem Operasi

05 Jun

Assalammualaikum gan….

kali ini ane akan ngeposting tentang yang dimaksud fungsi sistem operasi

Fungsi Sistem Operasi

1.Starting a computer

Menyediakan proses untuk memulai mengkonfigurasi atau mengoperasikan sebuah komputer dari awal kali.

2.The user interfaces

Menjembatani antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan yang lebih user-friendly atau lebih tepatnya ramah dalam pemakaian sehingga lebih condong kepada memudahkan user dalam mengadministrasi perangkat keras.

 3.Managing program

Adalah proses mengelola  beberapa proyek yang terkait, sering dengan tujuan meningkatkan kinerja organisasi. Dalam praktek dan tujuannya sering terkait erat dengan sistem rekayasa dan teknik industri.

Program Manager memiliki pengawasan tujuan dan status dari semua proyek dalam Program dan dapat menggunakan pengawasan ini untuk mendukung kegiatan tingkat proyek untuk memastikan tujuan program secara keseluruhan kemungkinan akan bertemu, mungkin dengan menyediakan kapasitas pengambilan keputusan yang tidak dapat dicapai pada tingkat proyek atau dengan memberikan Project Manager dengan perspektif program jika diperlukan.

4.Managing Memory

Memori adalah pusat dari operasi pada sistem komputer modern, berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori adalah array besar dari word atau byte, yang disebut alamat. CPU mengambil instruksi dari memory berdasarkan nilai dari program counter.

Sedangkan manajemen memori adalah suatu kegiatan untuk mengelola memori komputer. Proses ini menyediakan cara mengalokasikan memori untuk proses atas permintaan mereka, membebaskan untuk digunakan kembali ketika tidak lagi diperlukan serta menjaga alokasi ruang memori bagi proses.

Pengelolaan memori utama sangat penting untuk sistem komputer, penting untuk memproses dan fasilitas masukan/keluaran secara efisien, sehingga memori dapat menampung sebanyak mungkin proses dan sebagai upaya agar pemogram atau proses tidak dibatasi kapasitas memori fisik di sistem komputer.

5.Schedjuling or Spooling print jobs

OS dapat membantu dalam penjadwalan waktu atas kinerja suatu sumber daya. Baik itu sumber daya dari karyawan maupun sumber daya dari sistem komputer. Dalam fungsinya sebagai Scheduling or Spooling Print Jobs ini OS dapat membantu pekerjaan manusia dalam perkutatan tugas pencetakan. Jadi dengan kata lain kita dapat mencetak tugas kita.

6.Configuring Device

OS berfungsi untuk mengkonfigurasi atau mengatur dari device-device (hardware) yang terhubung dalam sistem komputer, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal pemakaiannya.

7.Accessing the Web

Operating System dapat mempermudah untuk mengkoordinir sistem(device) untuk mengakses web.

8.Monitoring Performance

OS dapat mengadakan pengawasan terhadap kinerja dari perangkat-perangkat keras komputer agar kerusakan atau menurunnya kinerja komputer dapat terhitungkan dan dapat dipetakan sebelumnya. Monitoring performance juga dapat digunakan untuk pemantauan kinerja karyawan. Pemantauan kinerja karyawan secara terus-menerus membantu memastikan karyawan menerima umpan balik dan coaching konstan di sekitar kinerja mereka dan akan membantu menghindari kejutan pada akhir dari siklus kinerja. Ini juga akan memastikan Anda memiliki informasi yang dibutuhkan untuk secara akurat menilai kinerja karyawan pada akhir dari siklus kinerja.

8.Providing House Keeping Service

OS dapat menyediakan sebuah layanan dimana saat kita sedang berada di luar rumah, kita masih tetap bisa memonitoring atau mengawasi kegiatan-kegiatan anggota keluarga yang berada di rumah. Hal ini juga dapat menjauhkan kita dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya maling atau pencuri, kebakaran dan sebagainya.

10.Controlling a Network

OS dapat mengontrol dan memonitor lalu lintas dari jaringan yang di pegang atau yang di handle oleh seorang admministrator, sehingga suatu jaringan dapat lebih aman dan terkendali.

11.Administaring Security

Melindungi data proyek terhadap serangan berbahaya, seperti gangguan, spionase, atau perusakan yang disengaja adalah penting. Jika lingkungan kerja Anda subyek file proyek Anda untuk ancaman seperti itu, Anda harus meninjau pilihan yang dapat membantu melindungi data Anda. Praktek keamanan yang tepat dan pengaturan membantu mengurangi kerentanan aplikasi dan data untuk serangan berbahaya. Anda dapat menggunakan Installation Wizard Kustom dan Custom Pemeliharaan Wizard untuk mengatur beberapa opsi keamanan, tetapi pilihan lain harus dipilih oleh setiap pengguna untuk menetapkan metode perlindungan.

Sekian gan…

Wassalam..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 5, 2013 in LAN, SOJ, TKJ

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: